Selasa, 01 Desember 2015

TEROBOSAN LUAR BIASA! LAYANAN IMIGRAS CEPAT DAN TANPA KERTAS


JEDDAH - Ditjen Imigrasi Arab Saudi (Jawazat) telah menerbitkan sebanyak 13.930.574 visas exit-reentry untuk sekali jalan secara elektronik, sehingga pemohon tidak perlu lagi bersusah payah datang langsung ke kantor-kantor imigrasi, demikian tulis harian Saudi Gazette di halaman depan yang beredar hari ini (Selasa, 1 Desember 2015).
Dirjen Imigrasi Mayjen Solaiman Al-Yahya kepada harian berbahasa Arab Al Watan hari Senin mengatakan, Jawazat juga telah menerbitkan sebanyak 101.897 visa exit-reentry untuk beberapa kali jalan (multiple) serta 1.918.421 final exit (visa meninggalkan arab Saudi permanen).
”Kami departemen yang mampu memangkas pemakaian kertas dalam waktu singkat, sehingga dapat mempercepat proses penerbitan visa melalui gerai-gerai elektronik kami,” ucapnya.
Kata Dirjen, melalui program elektronik Muqeem, Jawazat memberikan pelayanan kepada perusahaan dan perkantoran secara online agar tidak perlu bolak-balik mendatangi kantor jawazat.
“Kami juga menekan biaya untuk urusan penerbitan visa, baik bagi pihak pemohon maupun imigrasi,” imbuhnya.
Jawazat telah mengajukan sejumlah program elektronik guna mendorong pengurangan pemakaian kertas, termasuk Absher, Muqeem dan lain-lain.
“Jawazat berencana meningkatkan SDMnya melalui penyediaan data dan laporan sehingga mempermudah para majikan dan pekerjanya untuk mengecek proses aplikasi visanya secara online,” kata Al-Yahya.
Dua layanan baru, kata dia, telah ditambahkan kepada program Absher, yaitu visa multiple berjangka lama dan visa exit-reentry untuk beberapa hari. (afc)

Tidak ada komentar: